Pentingnya Kerja kelompok




kelompok belajar.jpegBelajar kelompok adalah salah satu metode belajar yang bisa diandalkan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Dengan belajar kelompok, siswa dapat diajarkan untuk saling bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai permasalahan dan solusi.
Dengan melatih anak belajar kelompok, berarti juga menyiapkan anak untuk menjadi dewasa yang bisa bekerjasama dengan orang lain. Selain meningkatkan sosialisasi, juga melatih siswa bekerjasama, mampu berinteraksi dengan teman lain, dengan tidak memaksakan kehendak dan berargumentasi dengan akal sehat, atau secara umum mengembangkan kemampuan intelektual anak dalam melakukan proses berpikir
Dengan belajar kelompok, kita bisa menyatukan ide-ide/ pandangan dengan lebih santai (enjoy) diantara banyak individu. Tentunya akan ada banyak beda pendapat, tetapi dengan beda pendapat itulah kita semakin mengerti bagaimana belajar menghargai orang lain dan mengesampingkan  ego kita masing-masing. Selain itu, belajar kelompok juga bisa membuahkan kerjasama dan rasa kebersamaan diantara teman-teman yang lain. Belajar kelompok sebenarnya bisa menjadi sarana untuk share tentang pengetahuan masing-masing anggota dan bisa menambah wawasan pribadi.
Banyak orang menganggap bahwa belajar itu berarti mesti menghadapi buku seorang diri saja. Tetapi buku hanya memberi bahan-bahan mentah saja. Setelah kenyataan-kenyataan didapat maka ia perlu dipahami, dibandingkan dengan pengetahuan dan diatur dalam satu sistem. Oleh karena itu belajar dalam kelompok banyak juga manfaatnya.
Namun ada beberapa orang yang tidak suka bekerja dalam kelompok, karena dalam kelompok belajar tersebut jelas tampak kelebihan seseorang dari yang lain, misalnya saja dalam berbicara dan mengeluarkan pendapat. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah karena kita disini bukan untuk pamer kepandaian namun tujuannya sama yaitu ingin belajar. Kita akan beruntung apabila belajar dari teman yang lebih pintar dari kita. Sesuatu yang tidak dimengerti akan mudah didapatkan dengan belajar kelompok.

belajar-bersama.jpg
Belajar kelompok lebih baik daripada belajar individu karena:
1.      Adanya Rasa Kebersamaan.
Kebersamaan karena adanya individu yang berkumpul dalam satu kelompok belajar. Dan kelompok yang baik adalah kelompok yang mempunyai rasa kebersamaan.
2.      Adanya Kepekaan.
Setiap individu mempunyai ciri khas dan watak masing-masing. Untuk membuat mereka sehati dalam satu kelompok belajar maka memerlukan kepekaan masing-masing individu, peka untuk bertoleransi dengan anggota kelompok yang lain. dan apabila seseorang berperan sebagai pimpinan kelompok, maka dia harus mempunyai kepekaan terhadap ciri khas dan kebutuhan anggotanya, bahkan sebaiknya dia tahu tentang potensi dan kelemahan masing-masing individu.
3.      Adanya Pemahaman.
Untuk menjadikan kelompok belajar yang baik, biasanya anggota kelompok mengajukan usulan yang kreatif agar kelompok menjadi lebih solid. Namun ada juga anggota yang hanya pasif menunggu aba-aba dari pimpinan kelompok, karena dia yakin dengan begitu akan menjadikan kelompok belajar lebih kompak. Pada umumnya , kelompok menggunakan keseluruhan potensi dan kelemahan anggota kelompok secara maksimal untuk saling mengisi dan bersinergi agar kelompok lebih matang.
4.      Kebanyakan pekerjaan lebih mudah dan efisien kalau dibuat oleh satu kelompok.

Apa saja manfaat dari belajar kelompok?
1.      Belajar dengan membentuk kelompok belajar sendiri dapat memotivasi semangat belajar antara teman satu dengan lainnya.
2.      Saling berbagi informasi dan pengetahuan antara teman. Teman yang pandai dapat mengajari dan menularkan kepandaiannya kepada teman lainnya.
3.      Membangun komunikasi timbal balik dengan adanya diskusi.
4.      Bekerjasama menyelesaikan PR sekaligus bersosialisasi di luar sekolah.
5.       
Sumber: The Liang Gie.1985. Cara Belajar Yang Efisien. Pusat Kemajuan Studi (Studi
for Study Progress). Yogyakarta

Postingan populer dari blog ini

sejarah skala binet