sejarah skala binet


SEJARAH SKALA BINET
Pengembangan Stanford-Binet Intelligence Scales memulai bidang modern pengujian intelijen , yang berasal dari Perancis, kemudian direvisi di AS The-Binet tes Stanford dimulai dengan Prancis psikolog Alfred Binet (1857-1911), yang ditugaskan pemerintah Prancis dengan mengembangkan metode untuk mengidentifikasi intelektual anak-anak kurang bagi penempatan mereka dalam pendidikan khusus program. Seperti ditunjukkan Binet, studi kasus mungkin akan lebih rinci dan membantu, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk menguji banyak orang akan berlebihan. Pada tahun 1916, di Universitas Stanford , psikolog Lewis Terman merilis sebuah pemeriksaan revisi yang kemudian dikenal sebagai "tes Stanford-Binet".
Kemudian, Alfred Binet dan dokter Theodore Simon berkolaborasi dalam mempelajari keterbelakangan mental pada anak-anak sekolah Perancis. Theodore Simon adalah seorang mahasiswa Binet's. [1] Antara 1905 1908, dan penelitian mereka di sebuah sekolah anak laki-laki, dalam Grange-aux-Belles , menyebabkan mereka mengembangkan tes Binet-Simon; menilai perhatian , memori , dan keterampilan verbal. Ujian ini terdiri dari 30 item mulai dari kemampuan untuk menyentuh hidung satu atau telinga, ketika ditanya, dengan kemampuan untuk menggambar desain dari memori dan untuk mendefinisikan konsep-konsep abstrak, dan bervariasi dalam kesulitan. Pada tahun 1912, William Stern menciptakan konsep usia mental (MA): tingkat individu merupakan perkembangan mental relatif terhadap orang lain. Binet menempatkan interval kepercayaan sekitar skor kembali dari tes-nya, baik karena dia pikir intelijen agak plastik, dan karena melekat margin kesalahan dalam tes psikometri.
Pada 1916, Stanford psikolog Lewis Terman merilis "Stanford Revisi-Simon Skala Binet", yang "Stanford-Binet", untuk pendek. Dibantu oleh mahasiswa pascasarjana dan percobaan validasi, dia mengambil beberapa item tes Binet-Simon dan menambahkan yang baru. Sejak dimulainya Stanford-Binet, telah direvisi beberapa kali. Saat ini, tes ini di edisi kelima, yang disebut Stanford-Binet 5. Menurut situs web penerbit, "SB5 ini bernorma pada sampel acak bertingkat 4.800 individu yang cocok dengan 2000 US Sensus . Dengan mengelola tes Stanford-Binet ke nomor besar individu dipilih secara acak dari berbagai bagian Amerika Serikat, telah ditemukan bahwa nilai perkiraan distribusi normal.
Pada periode 1905-1908 psikolog Perancis Alfred Binet dan Simon Théodore merancang serangkaian tes dimana kapasitas intelektual subjek diperkirakan dengan perbandingan dengan anak-anak normal dan remaja dari berbagai usia. Usia mental dibagi dengan usia kronologis memberikan IQ yang disebut, atau kecerdasan intelektual. \formula mereka menyatakan bahwa anak di bawah sembilan yang perkembangannya terhambat oleh dua tahun mungkin menderita defisiensi mental dan bahwa anak-anak dari sembilan atau lebih yang dihambat oleh tiga tahun jelas kekurangan.
Alfred Binet secara eksplisit didefinisikan intelijen yang diukur Dia kecerdasan sebagai "kemampuan mental umum individu dalam perilaku yang cerdas." "Komponen intelijen penalaran, penilaian, memori, dan kekuatan abstraksi." Dia menggambarkan pengujian intelijen sebagai mengelompokkan, tidak mengukur.

BIOGRAFI ALFRED BINNET
psikolog Perancis, lahir 8 Juli 1857,
Alfred Binet memainkan peran penting dalam pengembangan psikologi eksperimental di Perancis dan kontribusi fundamental tentang pengukuran kecerdasan. Kalau dia sudah tahu apa tuduhan yang kemudian akan digunakan untuk melawan dia dan psychometricians lainnya atas tuduhan "mismeasurement manusia" mereka, misalnya baris di atas The Bell Curve, ia mungkin juga membiarkan itu.
Ibunya adalah seorang seniman, ayahnya seorang dokter, dan Alfred mungkin dimaksudkan untuk mengikuti jejak-Nya. \ Sebagai seorang pemuda ia tidak sangat menjanjikan, meskipun ia menunjukkan bakat dan kemauan untuk bekerja. Setelah lulus dari Lycée Louis-le-Grand, ia belajar hukum, menjadi pemegang diploma dalam yurisprudensi. Ada kemungkinan bahwa upaya ayahnya menggertak Alfred muda ke dalam profesi medis dengan menunjukkan dia kembali mayat-dipecat, sejauh Binet mendapati dirinya tidak mampu untuk mempertimbangkan profesi.
Seorang pengacara pada usia 21, kekayaan keluarganya membuatnya tidak perlu bagi dia untuk praktek hukum. Sebaliknya, ia menghabiskan banyak waktu membaca psikologi, antara lain, di Perpustakaan Nasional Prancis - tampaknya suatu bentuk yang sangat formal, seperti ia membutuhkan surat pengantar untuk masuk Meskipun ia membaca bahasa Inggris hampir sama lancar saat ia asli nya Perancis, ia tampaknya tidak membaca Jerman.
Pada tahun 1880, Binet menerbitkan sebuah artikel yang berhubungan dengan psikologi, meskipun kemudian dikritik sebagai telah menjiplak. Binet adalah tertangkap untuk sementara waktu oleh subyek "magnet binatang" - "hipnosis" - dan ia menerbitkan banyak makalah merinci dengan bagaimana magnet bisa berubah emosi, persepsi mempengaruhi, dan menyelesaikan segala macam hal-hal lain - "hal-hal yang hipnosis diketahui untuk dapat capai. Untuk malu Binet's, temuan itu akan ditampilkan telah artefak metodologi eksperimental miskin.
Dua tahun kemudian ia mulai bekerja di Rumah Sakit Salpetriere di Paris, di mana pelatihan metode ilmu pengetahuan mulai dengan sungguh-sungguh. Terpesona oleh karya Jean Martin Charcot (1825-1893) di hipnosis di Salpetriere Hospital, Paris, Binet, menjadi mahasiswa Charcot's, yang tersisa sampai 1891. Dia tidak kritis diterima, dan berapi-api membela metode Charcot dan doktrin tentang transfer hipnosis dan polarisasi - sampai ia dipaksa untuk menerima balasan dari Delboeuf dari Sekolah Nancy. Hal ini pada akhirnya menyebabkan perpecahan antara siswa dan guru. Realisasi kesalahan, dan pengakuan tentang mereka marah metode di kemudian hari jauh. Dalam periode awal Binet juga belajar Hippolyte Taine, Théodule Armand Ribot (1839-1916) dan John Stuart Mill.
Pada tahun 1884 Binet menikah Laure Balbiani, putri Edouard-Gérard Balbiani (1823-1899), seorang embriologi di College de France. They had two daughters. Mereka mempunyai dua anak perempuan. Pada tahun 1887 ia dihormati oleh Akademi Perancis Moral dan Ilmu Politik sebagai lauréat, dengan hadiah sebesar 1.000 franc, sejumlah besar uang pada masa itu. Dalam semua kali ini ia aktif, menulis artikel dan kertas di eksperimen di Salpetriere, serta ide-ide pribadinya dan renungan. Dia bekerja dengan ayah mertuanya yang kuliah pada keturunan, ia menulis pada kehendak bebas versus determinisme, dan dia mempelajari psikologi pengadilan hukum.
Binet pada tahun 1890 telah menghentikan kaitannya dengan Salpetriere, dan memulai studi proses kognitif, dengan menggunakan anak sebagai subyek. Anehnya, walaupun perbedaan usia antara mereka membuat perbedaan perkembangan cukup jelas, Binet tidak pernah berpikir untuk mengambil pengamatan yang lebih lanjut.Itu akan harus menunggu Jean Piaget (1896-1980).
Pada tahun 1891 Binet sengaja bertemu Dr Henri Beaunis pada platform kereta api, dan memintanya untuk pekerjaan di Sorbonne. Terlepas dari argumen dipanaskan yang telah dilakukan di antara mereka dalam nama hipnosis, Beaunis setuju, mungkin karena baik-to-do Binet tidak membutuhkan gaji.
Pada tahun 1892 ia diangkat asisten direktur laboratorium Psikologi Fisiologis dibuat di Sorbonne pada tahun 1889 dan disutradarai oleh Henri Beaunis. Pada tahun yang sama dia diberikan Dr ilmu Es - dokter ilmu alam - dengan disertasi tentang hubungan antara serangga fisiologi dan perilaku. Pada tahun 1895 Binet dan Beaunis mendirikan jurnal Perancis pertama dari psikologi, L'Annee psychologique, yang tetap dalam pers hari ini. Pada tahun yang sama ia berhasil Beaunis di Laboratorium, sekarang terhubung dengan Ecole pratique des Hautes Etudes, di mana ia bekerja hingga kematiannya pada tahun 1911.
Binet pernah dicapai menjadi guru besar di negerinya sendiri, dan melakukan pengajaran tidak, dengan pengecualian dari kursus musim semi di psikologi di University of Bucharest pada tahun 1895. Di sini pengetahuan dalam psikologi eksperimental sepenuhnya dihargai karena ia diajarkan untuk auditorium terisi penuh, dan dengan demikian menawarkan kursi di psikofisiologi.
Binet mengakui hubungan dekat antara biologi dan psikologi, dan artikel yang dipublikasikan dan ulasan untuk terus mengikuti perkembangan pembaca. Pada tahun 1895 di Perancis Biologis Masyarakat diakui karyanya dengan memilih dia untuk keanggotaan.
Sekitar 1900 percobaan Binet mulai melampaui kerangka sempit dari laboratorium. Melihat sedikit nilai dalam penelitian laboratorium Jerman sensasi. Meskipun ia bekerja di ambang esthesiometric, kepekaan sentuhan, dan ilusi optik, dia lebih memilih untuk melanjutkan dengan menggunakan kuesioner, investigasi, dan wawancara pribadi ketimbang aparat yang rumit dan teknik buatan laboratorium.
Dalam 1900 (1898?), Dengan Ferdinand Buisson dan Nyonya Kergomard, ia mendirikan gratis Société pour l'étude de l'enfant psychologique, yang setelah kematiannya menjadi Société Alfred Binet, dan pada tahun 1905 ia membuka sebuah laboratorium Paris untuk studi anak dan eksperimental mengajar, Laboratoire-Ecole de pédagogie normal.
Binet telah awal terkesan dengan upaya psikolog Inggris, Sir Francis Galton (1822-1911) untuk merekam perbedaan individu melalui tes standar. Dia metode Galton diadaptasi untuk studi penulis terkemuka, seniman, matematikawan, dan pemain catur, sering melengkapi tes yang lebih formal dengan pengamatan pada tipe tubuh, tulisan tangan, dan karakteristik lain. Ia diterbitkan pada tahun 1895 ini.
Sebuah karya penting adalah L `expérimentale Etude de l'intelligence (1903), penyelidikan karakteristik mental dari kedua putrinya, yang berkembang menjadi sebuah studi sistematis dari dua jenis kontras kepribadian. Eksperimen ini menunjukkan ketidakmungkinan menerjemahkan penalaran dalam hal sensor dan membuktikan persatuan dan aktivitas pemikiran dan independensinya sehubungan dengan gambar. RS Woodworth dan K. Bühler adalah untuk tiba di hasil analog pada tahun 1907.
Mengenai penilaian intelijen, Binet mengakui bahwa tes kecerdasan hanya bisa memberikan contoh dari semua perilaku cerdas seseorang. Lebih jauh lagi, Binet menulis bahwa tujuan dari tes kecerdasan adalah untuk mengklasifikasikan, tidak untuk mengukur: Saya belum mencari dalam baris di atas untuk sketsa metode pengukuran, dalam arti kata fisik, tetapi hanya metode klasifikasi individu. Prosedur yang saya telah menunjukkan akan, jika disempurnakan, datang untuk mengklasifikasikan seseorang sebelum atau setelah seperti orang lain, atau seperti seri lain dari orang-orang, tetapi saya tidak percaya bahwa seseorang bisa mengukur salah satu bakat intelektual dalam arti bahwa satu langkah panjang atau kapasitas.
 Jadi, ketika seseorang belajar bisa mempertahankan tujuh angka setelah audisi tunggal, orang dapat kelas dia, dari sudut ingatannya untuk angka, setelah individu yang mempertahankan delapan angka di bawah kondisi yang sama, dan sebelum orang-orang yang mempertahankan enam. Ini adalah klasifikasi, bukan pengukuran ... kita tidak ukur, kita mengklasifikasikan. (Binet, dikutip dalam Varon, 1936, hal 41)
Pada musim gugur tahun 1904 Binet diangkat ke menteri komisi untuk mempelajari penderitaan anak-anak sekolah terbelakang di Prancis. Menteri instruksi umum di Paris ingin tes yang akan memastikan bahwa anak-anak keterbelakangan mental menerima pendidikan yang memadai. Menteri ini juga khawatir bahwa anak-anak tertentu yang ditempatkan di kelas untuk terbelakang bukan karena mereka terbelakang tetapi karena mereka memiliki masalah perilaku, dan guru tidak ingin mereka di dalam kelas mereka.
Pada tahun 1905 Binet menyusun serangkaian tes: sejumlah besar pendek, masalah beragam terkait dengan situasi sehari-hari, membawa ke dalam bermain «proses unggul» seperti memori dan ratiocination. Seri ini diatur menurut tingkat mental, dan ukuran kecerdasan didirikan oleh perbandingan hasil dan klasifikasi mereka. Alfred Binet dan pertama intelijen Theodore Simon test dan terkait penelitian disampaikan kepada Kongres Internasional Psikologi di Roma. kertas mereka, dibaca oleh Henri-Étienne Beaunis, berjudul Metode Baru untuk Mendiagnosis kebodohan, kebebalan, dan Status Moron.
Sebuah revisi dari skala pada tahun 1908 menghasilkan sebuah inovasi penting: menganggap bahwa kecerdasan meningkat dengan bertambahnya usia, Binet peringkat tes sesuai dengan tingkat usia sesuai dengan penampilan oleh anak rata-rata. Usia mental (usia anak mencapai pada skala) dibedakan dari usia kronologis. Karya terakhir Binet, bekerja sama dengan Théodore Simon, menikmati popularitas yang luas. It was translated, adapted, imitated, and administered on a large scale. Itu diterjemahkan, diadaptasi, meniru, dan dikelola dalam skala besar. Ini adalah awal dari era baru pengujian.
Luar negeri tes nya yang dipuji sebagai karya jenius, tapi di Perancis sendiri karyanya diabaikan. Pada saat yang sama Binet ditemukan kekhawatiran bahwa tes kecerdasan disalahpahami dan disalahgunakan bahkan ketika mereka diterima.
Gagasan dari intelligence quotient diusulkan oleh psikolog William Stern Jerman (1871-1938) dan keras ditolak oleh Binet. Ia berpendapat bahwa sifat intelijen terlalu rumit untuk ditangkap dalam satu nomor.
Pada tahun 1911 Binet dan Simon menerbitkan revisi terakhir mereka dari tes. Itu adalah hangat yang diterima dari semua penjuru, kecuali di Perancis, di mana tes disalahpahami atau diabaikan sama sekali. Pada saat kematiannya Binet bekerja pada revisi skalanya. Selain karya ilmiah mencakup bidang yang luas, Binet juga menerbitkan karya fiksi.
Pada tahun 1904, Alfred Binet dan Theodor Simon, 2 orang psikolog asal Perancis merancang suatu alat evaluasi yang dapat dipakai untuk mengidentifikasi siswa-siswa yang memerlukan kelas-kelas khusus (anak-anak yang kurang pandai). Alat tes itu dinamakan Tes Binet-Simon. Tes ini kemudian direvisi pada tahun 1911.
Tahun 1916, Lewis Terman, seorang psikolog dari Amerika mengadakan banyak perbaikan dari tes Binet-Simon. Sumbangan utamanya adalah menetapkan indeks numerik yang menyatakan kecerdasan sebagai rasio (perbandingan) antara mental age dan chronological age. Hasil perbaikan ini disebut Tes Stanford Binet. Indeks seperti ini sebetulnya telah diperkenalkan oleh seorang psikolog Jerman yang bernama William Stern, yang kemudian dikenal dengan Intelligence Quotient atau IQ. Tes Stanford-Binet ini banyak digunakan untuk mengukur kecerdasan anak-anak sampai usia 13 tahun.
Salah satu reaksi atas tes Binet-Simon atau tes Stanford-Binet adalah bahwa tes itu terlalu umum. Seorang tokoh dalam bidang ini, Charles Sperrman mengemukakan bahwa inteligensi tidak hanya terdiri dari satu faktor yang umum saja (general factor), tetapi juga terdiri dari faktor-faktor yang lebih spesifik. Teori ini disebut Teori Faktor (Factor Theory of Intelligence).
Alat tes yang dikembangkan menurut teori faktor ini adalah WAIS (Wechsler Adult Intelligence Scale) untuk orang dewasa, dan WISC (Wechsler Intelligence Scale for Children) untuk anak-anak. Di samping alat-alat tes di atas, banyak dikembangkan alat tes dengan tujuan yang lebih spesifik, sesuai dengan tujuan dan kultur di mana alat tes tersebut dibuat. Inteligensi merupakan suatu konsep mengenai kemampuan umum individu dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Dalam kemampuan yang umum ini, terdapat kemampuan-kemampuan yang amat spesifik.
Kemampuan-kemampuan yang spesifik ini memberikan pada individu suatu kondisi yang memungkinkan tercapainya pengetahuan, kecakapan, atau ketrampilan tertentu setelah melalui suatu latihan. Inilah yang disebut Bakat atau Aptitude. Karena suatu tes inteligensi tidak dirancang untuk menyingkap kemampuan-kemampuan khusus ini, maka bakat tidak dapat segera diketahui lewat tes inteligensi. Alat yang digunakan untuk menyingkap kemampuan khusus ini disebut tes bakat atau aptitude test.
Tes bakat yang dirancang untuk mengungkap prestasi belajar pada bidang tertentu dinamakan Scholastic Aptitude Test dan yang dipakai di bidang pekerjaan adalah Vocational Aptitude Test dan Interest Inventory. Alfred Binet (1875-1911) memulai suatu usaha pengukuran intelligensi dengan mengikuti metoda Paul Broca yang saat itu sangat popular di kalangan ilmuwan. Pengukuran intelligensi termaksud dilakukan dengan cara mengukur lingkaran tempurung kepala anak-anak (kraniometri).
Ketika di tahun 1904 Binet kembali menekuni usaha pengukuran inteligensi, ia meninggalkan sama sekali pendekatan kraniometri dan berpaling ke metoda yang lebih psikologis. Binet  mulai membuat alat baru yang dirancang untuk mengukur ketajaman bayangan  ketahanan dan kualitas perhatian, ingatan, kualitas penilaian moral dan estetika, dan kecakapan menemukan kesalahan logika serta memahami kalimat-kalimat. Sejarah menggariskan bahwa Binet menjadi seorang pemancang tonggak awal perkembangan tes-tes inteligensi modern di seluruh dunia. Pada oktober 1904 Binet diberi tugas oleh menteri pengajaran Prancis untuk meneliti masalah anak-anak lemah mental di sekolah-sekolah Prancis.
 Untuk itu diperlukan suatu alat ukur yangmampu membedakan mana anak yang lemah mental dan mana yang tidak. Seorang dokter bernama Theodore Simon bersama binet membuat skala inteligensi yang dikenal sebagai Skala Binet-Simon. Skala itu dikenal juga sebagai Skala 1905, terdiri dari 30 soal yang disusun berdasarkan tingkat kesukaran yang semakin meningkat. Dalam skala 1905 itu tidak terdapat petunjuk yang pasti mengenai bagaimana cara menghitung skor yang diperoleh seorang anak.
Pada skala kedua yang dikenal sakala 1908, jumlah tesnya diperbanyak dan beberapa tes pada skala pertama yang terbukti tidak begitu baik dibuang. Kemdian skor anak dalam tes dinyatakan dalam bentuk usia mental yang sama dengan usia kronologis anak normal yang berhasil mengerjakan tes pada level tersebut. Pengertian usia mental adalah sama dengan level mental yang merupakan istilah yang lebih disukai oleh Binet.
Skala Binet-Simon yang terakhir terbit pada 1911 (tahun kematian Binet). Beberapa tes baru ditambahkan pada level-level usia tertentu dan dilakukan pula perluasan soal sampai mencakup pada level usia mental dewasa. Revisi Amerika yang paling terkenal dilakukan oleh Lewis Madison Terman di Stanford University tahun 1916. Sejak itu, skala Sanford-Binet menjadi skala standar dalam psikologi klinis, psikiatri, dan konseling pendidikan.
Pada tahun 1960, mengalami revisi penting. Yaitu :
a)     konsep IQ deviasi dari Wechsler mulai digunakan pada skala ini dengan cakupan angka mulai dari 30 sampai dengan 170.
b)       Skala Stanford-Binet yang semula terdiri atas dua bentuk parallel yaitu Form L dan Form M dijadikan satu Form L-M.
c)      Tabel konversi IQ diperluas sehingga mencakup pula usia 17 dan 18. Terakhir, versi terbaru skala Stanford-Binet terbit tahun 1986 memuat 4 kelompok penalaran dan berisi berbagai mecam tes baron.
Stanford-Binet Intelligence Scale
Revisi terhadap Skala Stanford-Binet yang diterbitkan pada tahun 1972, yaitu norma penilaiannya yang diperbaharui. Tes-tes dalam skala ini dikelompokkan menurut berbgai level usia mulai dari Usia II sampai dengan Usia Dewasa-Superior. Dalam masing-masing tes untuk setiap level usia terisi soal-soal dengan taraf kesukaran yang tidak jauh berbeda. Bagi setiap level usia terdapat pula tes pengganti yang setara, sehingga apabila suatu tes pada level usia tertentu tidak dapat digunakan karena sesuatu hal maka tes penggantipun dapat dimanfaatkan.
Skala Stanford-Binet dikenakan secara individual dan soal-soalnya diberikan secara lisan oleh pemberi tes. Oleh karena itu pemberi tes haruslah orang yang mempunyai latar belakang pendidikan yang cukup di bidang psikologi, sangat terlatih dalam penyajian tesnya, dan mengenal betul isi berbagai tes dalam skala tersebut.Skala ini tidak cocok untuk dikenakan pada orang dewasa, karena level tersebut merupakan level intelektual dan dimaksudkan hanya sebagai batas-batas usia mental yang mungkin dicapai oleh anak-anak.
Versi terbaru skala Stanford-Binet diterbitkan pada tahun 1986. Dalam revisi terakhir ini konsep inteligensi dikelompokkan menjadi empat tipe penalaran yang masing-masing diwakili oleh beberapa tes. Yaitu penalaran verbal, penalaran kuantitatif, penalaran visual abstrak, memori jangka pendek.

Revisi skala Binet
Dilakukan pertama kali di tahun 1916. Perubahan benar-benar dilakukan sehingga menampilkan suatu tes baru. Untuk pertama kalinya digunakan istilah IQ. Revisi kedua di tahun 1937. Skala diperluas dan distandardisasi ulang berdasar sampel masyarakat AS. Revisi ketiga dilakukan di tahun 1960, menyediakan satu bentuk tunggal yang memuat soal-soal terbaik dari bentuk 1937. Di tahun 1972, tes ini di-restandardisasi.
Penyelenggaraan tes dan Penentuan Skor menggunakan buku-buku kecil berisi kartu-kartu tercetak untuk presentasi, flip-over soal tes, objek tes misal balok, manik, papan bentuk, sebuah gambar besar boneka yang uniseks dan multietnik, buku kecil untuk tester, serta pedoman penyelenggaraan dan pen-skoran skala.Dalam penyelenggaraan tes Stanford-Binet, kita membutuhkan penguji yang amat terlatih. Ragu-ragu dan gugup bisa menghancurkan rapport, apalagi jika peserta tes masih muda.
Klasifikasi IQ
            140 keatas  : Verry Supperrior
            120 – 139     : Superior
            110 – 119     : Rata-rata atas
            90 – 109       : Normal atau Rata-rata
            80 – 89         : Rata-rata bawah ( Low average)
            70-79           : Boderline defective
            69 kebawah : Cacat mental ( mentally devective)

ADMINSTRASI TES
1.  Prolognya meliputi: ucapan terima kasih, menjelaskan prosedur pemeriksaan,
            penjelasan tentang alat yang akan digunakan, prosedur ijin kebelakang,               
            menanyakan kesiapan testee, dan etika hasil.
  1. Mengecek alat-alat yang akan digunakan
  2. Melaksanakan tes binet
  3. Melakukan scoring tes binet
  4. Membuat laporan

PENGUNAAN TES
            Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menentukan awal tes binet adalah:
  1. Menentukan umur kronologis anak ( CA )
  2. Tes dimulai pada titik dimana anak mempunyai kemungkinan untuk brhasil, akan tetapi dengan usaha.
  3. Pada umumnya tes binet dimulai setengah tahun atau 1 tahun dibawah umur kronologis anak.
  4. Misal usia anak 5 tahun pada umur
III   III-6   IV   IV-6   V   VI   VII dst

 MENENTUKAN TINGKAT UMUR BASAL DAN CELLING
            Umur “basal” jika seorang testee dapat menjawab seluruh item pada suatu subtest.
            Umur “celling” jika seorang testee tidak dapat menjawab seluruh item pada suatu subtest.
G. PERHITUNGAN IQ
            IQ =  MA  X 100
                     CA
            MA = Umur mental didapatkan dengan cara : umur basal ditambah dengan kredit tambahan yang diperoleh subjek diatas umur basalnya
            CA = Chronological age diperoleh dari menghitung umur berdasarkan tanggal kelahian atau umur kalender.

Sekian dan terimah kasih